oleh

Korem 071/Wijayakusuma Gelar Pembinaan Kerukunan Umat Beragama

 

Banyumas, BARANEWS.CO.ID – Guna memperkokoh dan mempererat silaturahmi serta toleransi antar umat beragama, Korem 071/Wijayakusuma menggelar Pembinaan Kerukunan Umat Beragama, Rabu (24/3/2021) di Gedung Pertemuan A. Yani Makorem 071/Wijayakusuma, Sokaraja Banyumas.

Pembinaan Kerukunan Umat Beragama mengangkat tema “Mewujudkan Binter TNI AD Yang Adaptif Melalui Kegiatan Pembinaan Kerukunan Umat Beragama Demi Mencegah Konflik Sosial Antar Umat Beragama Serta Menjaga Persatuan Dan Kesatuan Bangsa” ini dilaksanakan sesuai standar protokol kesehatan, diikuti para Ketua FKUB se-jajaran Korem 071/Wijayakusuma, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda dan Tokoh Masyarakat se-jajaran Korem 071/Wijayakusuma.

Komandan Korem 071/Wijayakusuma, Kolonel Inf Dwi Lagan Safrudin, S.I.P., dalam amanat tertulisnya yang dibacakan Kasrem 071/Wijayakusuma Letkol Kav Kristiyanto, S.Sos., mengatakan sesuai tema tersebut diatas, maka tujuan dari kegiatan pembinaan ini untuk lebih mempererat tali silahturahmi dan hubungan sosial antar umat beragama khususnya yang ada di wilayah jajaran Korem 071/Wijayakusuma agar tercipta kehidupan yang damai.

Dikatakan, Istilah kerukunan umat beragama identik dengan istilah toleransi. Istilah toleransi menunjukkan pada arti saling memahami, saling mengerti, dan saling membuka diri dalam bingkai persaudaraan.

“Bila pemaknaan ini dijadikan pegangan, maka toleransi dan kerukunan adalah sesuatu yang ideal dan didambakan oleh masyarakat. Dalam konteks ke-Indonesiaan, kerukunan beragama berarti kebersamaan antara umat beragama dengan Pemerintah dalam rangka suksesnya pembangunan nasional dan menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia”, paparnya.

Danrem juga berharap kepada semua, agar dapat berperan aktif dalam membina kerukunan antar umat beragama di masyarakat dan peka terhadap situasi yang sedang berkembangan saat ini dan harus mampu menjadi pilar pemersatu bangsa dan agama sekaligus dapat menjaga rumah ibadah di daerahnya masing-masing.

Dalam pembinaan kerukunan umat beragama ini, diisi dengan kegiatan penyampaikan materi yang dihadiri
FKUB sebanyak 50 orang.(RED)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed